Wednesday, December 3, 2008

GIMANA SIH BEKERJA EFEKTIF??

Siapapun anda, dengan pekerjaan positif apapun juga, pasti pernah menemui masalah atau hambatan saat bekerja. Apalagi di jaman online kayak gini, yang satu hari saja tidak membaca email rasanya gimana gituu, hambatan dalam bekerja pasti bakal lebih banyak ditemui. Padahal memberikan hasil yang terbaik dan tepat waktu merupakan salah satu indikator bahwa kita adalah pekerja yang baik. Bagi seorang karyawan, bekerja dengan hasil mantap adalah juga pengantar menuju bonus yang lebih baik, bahkan posisi yang lebih tinggi:-) Bagi seorang bloggers yang suka bikin review dibayar seperti kita, bekerja dan mengerjakan review sebelum deadline bakalan memberi opini yang bagus dari advertiser. Hal ini juga bagus untuk masa depan blogger itu sendiri.

Namun demikian, banyak juga rekans yang merasa sudah bekerja mati-matian tapi tetap saja deadline suka terlewati. Naga-naganya bakal dapat teguran dari bos. Atau dapat email dengan tanda pentung dari broker atau advertiser pemberi job review..Wah, jika itu yang terjadi, berarti anda harus segera merubah kebiasaan bekerja anda. Atau pasti ada yang salah dengan pola kerja anda. Nah, gimana sih tips bekerja yang efektif?

#1 Mulailah mengatur pekerjaan yang harus diselesaikan menurut skala prioritas. Biasanya kita bekerja berdasarkan apa yang kita suka bukan bekerja menurut apa yang kita butuhkan. Contohnya: anda punya deadline bikin review di broker A sampai tiga hari ke depan dan di broker B satu hari ke depan. Kebetulan anda suka dengan produk dari broker A yang akan anda review sehingga anda lebih mendahulukan membuat review untuk broker A. Nah, pada akhirnya review anda untuk broker B yang lebih mendesak bisa jadi malah terbengkalai. Ujung-ujungnya popularitas anda di mata broker B menjadi jatuh..So, mulai bekerja berdasarkan bobot pekerjaan yang lebih penting dan mendesak.

#2 Bagi anda yang memiliki fasilitas internet di kantor, hendaknya bisa menghindari maen game atau chatting pada saat bekerja. Kenapa gitu? Percayalah, jika anda melakukan hal ini maka konsentrasi anda akan buyar dan pekerjaan akan membutuhkan waktu penyelesaian yang lebih lama. Ga percaya? Anda pasti lebih mengutamakan membalas ”buzz” dari (yang katanya) seorang gadis, manis, mahasiswi, 21 tahun, gaul, dsb agar bisa kopi darat dengan si dia daripada mengerjakan pekerjaan yang menumpuk di atas meja anda. Bener kan??

#3 Jangan ragu untuk berkata ”sori nih, enggak dulu deh” kepada teman yang pengin ngajak ngobrol atau curhat soal tertentu di saat bekerja. Ini bisa membuat anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan dengan bobot yang lebih banyak. Buat rekans blogger kayaknya butuh beberapa pengecualian. Contohnya: anda punya deadline yang terbatas untuk beberapa pekerjaan ngereview sementara orang terkasih anda (anak, istri/suami, keluarga) justru pengin bermanja-manja dengan anda. Solusinya adalah kurangi jam tidur malam anda untuk mengejar target setelah orang terkasih anda selesai curhat dengan anda. Termasuk saat anda punya kerjaan ngereview dengan nilai ratusan dollar sekalipun, keluarga harus tetap numero uno..!! Kalau anda merasa nggak kekejar waktunya, ya anda bisa kok bagi tugas ke rekans blogger lain untuk melakukan pekerjaan ngereview. Biayanya murah juga kok;-)

#4 Jika anda bekerja di kantor dengan setumpuk pekerjaan, ada baiknya sementara waktu mengubah nada dering ponsel anda menjadi nada getar. Ini bisa membuat anda benar-benar fokus kepada pekerjaan.

#5 Hindari memajang banyak camilan atau snack di meja anda saat dikejar deadline. Kenapa gituu? Selain anda dikhawatirkan akan mengantuk, juga karena takutnya ruangan anda malah justru menjadi ajang ngobrol sambil ngemil bagi rekan sejawat hehehe..Kalaupun anda mau, cukup segelas teh hangat atau secangkir kopi or kapucino saja yang menemani anda.

#6 Jangan lupa untuk memberikan bonus istirahat kepada tubuh anda, begitu tugas anda selesai. Istirahat dan relaksasi selalu penting buat kesegaran dan kebugaran anda. Saya sendiri selalu memberikan bonus maen game lebih satu-dua jam bagi diri saya setiap berhasil nyelesaiin tugas ngereview, lho...!!?? Yang pasti, tubuh dan pikiran juga butuh istirahat setelah diburu-buru deadline.

Okay bro and sis..Met bekerja ya, met (mulai) bekerja efektif di kantor dan di mana saja..

Sumber bacaan: Kompas Minggu 30 November 2008 dimodifikasi pengalaman pribadi.

No comments:

Post a Comment