Tuesday, July 8, 2008

TIPS MENGHEMAT BBM (YANG AKAN TERUS NAIK TINGGI…)

Mendengarkan berita faktual mengenai harga minyak dunia yang terus melambung tinggi - - harga per awal juli 2008 mencapai $145 / barrel - - membuat saya bergidik. Membayangkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang bakal terjadi jika saja – ya jika saja – harga minyak dunia mencapai $200 / barrel!!

Pada saat minyak dunia menginjak angka $124 /barrel sehingga membuat pemerintah kita terpaksa menaikkan harga Bahan Bakar Minyak saja telah membuat situasi dalam negeri tidak menentu. Bahan Bakar Minyak atau BBM memang energi penggerak bagi semua sendi kehidupan rakyat. Dari mulai minyak tanah, solar, bensin, bensin oktan tinggi, avtur dan lain sebagainya memang krusial bagi kehidupan. Lihat saja jika ada ulah spekulan yang menumpuk BBM untuk kepentingan pribadi (BBM bersubsidi dijual ke perusahaan/pengusaha dengan harga tak bersubsidi), dampaknya secara tiba-tiba harga naik tinggi. Lagi-lagi rakyat kecil yang menderita:-)

Demo menolak kenaikan BBM yang terjadi dimana-mana bahkan sempat meninggalkan kenangan buruk dimana terjadi beberapa peristiwa bentrok massal antara mahasiswa dengan polisi di ibukota negara kita. Sesuatu hal yang harusnya tidak perlu terjadi jika saja semua pihak mau mengerti dan saling menghargai perbedaan. Demo sebagai wujud aspirasi pendapat tentunya sah-sah saja selama itu dilakukan dengan penuh kesadaran hukum. Tetapi jika sudah menjurus kepada anarki dan emosi tentunya juga perlu diluruskan. Intinya ya para pihak harus saling jaga sikap, jaga diri dan jaga emosi.

Minyak dunia memang sedang kritis. Stok bahan bakar fosil tersebut semakin hari semakin menipis. Sumber fosil dan persediaan yang memang terbatas di perut bumi memang menjadi sebab utama saat ini harga beranjak naik tak terkendali. Sementara kebutuhan akan bahan bakar ini di seluruh dunia justru semakin meningkat. Dalam hal ini hukum ekonomi dipegang teguh! Ironisnya, hampir sebagian besar sarana dan prasarana manusia tidak lepas dari kebutuhan akan bahan bakar fosil ini. Dengan kata lain, manusia belum menemukan energi alternatif yang teruji dalam menggantikan bahan bakar ini. Beberapa usaha ke arah itu memang sudah dilakukan oleh manusia tetapi pencapaian yang dihasilkan belum optimal. Manusia masih butuh banyak waktu, sementara time is up!! Jika itu yang terjadi maka dunia akan kolaps.

Bagi kita sebagai orang awam dan pengguna setia BBM dari fosil ini tentunya tidak ingin harga semakin melonjak tinggi. Padahal jika stok dunia semakin menipis maka dapat dipastikan harga akan semakin naik. Nah, dalam situasi seperti ini kita butuh strategi dalam menghadapinya..Bukan tidak mungkin pemerintah akan menaikkan kembali harga BBM jika subsidi yang diberikan tidak lagi mampu ditanggung APBN kita. Harap maklum bahwa sampai saat ini pemerintah belum bisa menemukan bentuk subsidi yang ideal bagi rakyat sehingga daya beli masyarakat belum bisa mengimbangi naiknya harga kebutuhan pokok yang dipicu oleh kenaikan harga BBM. Maksud saya, subsidi BBM bagi rakyat masih tetap dinikmati oleh masyarakat mampu (berdaya beli tinggi) di republik ini. Namun demikian, apapun kebijakan yang diterapkan pemerintah terkait harga BBM seyogyanya kita bisa memaklumi. Semoga..

Cara lain yang bisa kita lakukan dalam menghadapi kenaikan harga BBM ya kita harus berhemat. Dari kacamata saya sebagai awamers (note: orang awam:-)) masyarakat kita masih merupakan masyarakat konsumtif. Dalam hal apapun. Coba saja anda lihat, pada saat harga BBM naik tinggi pun, penjualan mobil dan motor di masyarakat kita masih menunjukkan angka yang sangat tinggi. Artinya, ada ga ada duit, masyarakat masih mempunyai daya beli yang tinggi terhadap kendaraan. Berita terbaru yang menyeruak setelah harga BBM naik adalah kenaikan omset penjualan kendaraan pribadi (mobil maupun motor) di beberapa kota besar di Indonesia..Heibat!! Saat ini, di semua lapisan masyarakat, di kota besar mungkin, hampir semua rumah tangga minimal memiliki kendaraan pribadi. Entah itu dibeli dengan cara tunai ataupun kredit (mencicil).

Walaupun harus diakui bahwa hal ini lebih disebabkan karena sarana transportasi umum yang belum sesuai dengan harapan pengguna. Namun demikian, kita semua harus ingat bahwa di beberapa kota besar di Indonesia, jumlah kendaraan yang ada sudah melebihi panjang ruas jalan yang ada. Apa akibat yang ditimbulkan?? Ya macet, traffic jam..Kendaraan makin hari makin tidak bisa bergerak di jalanan. Pada hari kerja di jam-jam sibuk, anda pasti memilih untuk tidak berada di jalanan:-)

Lho mana sih tips menghemat BBM nya??? Oke, oke..Sori kalo bahasannya malah kemana-mana hihihi..

Tips menghemat BBM bagi pekerja (semuanya tidak terkecuali), pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga dan masyarakat umum lainnya:
1.Alihkan pilihan anda dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi menggunakan transportasi umum (sesuaikan dengan kondisi keuangan anda, karena taksi juga merupakan transportasi umum:-))
2.Jika perjalanan anda tidak jauh, ya mulailah berjalan kaki. Hitung-hitung sekalian berolahraga. Soalnya kendaraan umum masih memasang tarif “jauh-dekat bayarnya sama” hihi
3.Optimalkan kendaraan teman..Jangan buruk sangka dulu..Maksud saya jika kita nebeng kendaraan teman secara tetap ya tidak ada salahnya memberikan ongkos selayaknya untuk mbantu-mbantu bayarin masuk jalan tol Itu baru namanya simbiosis mutualisme!!
4.Bagi anda yang terpaksa harus menggunakan mobil pribadi setiap hari kerja: Untuk meringankan biaya bensin/solar dan biaya tol, ajak teman-teman anda yang punya tujuan sama untuk berangkat dan pulang bersama. Atur tarif per orang secara musyawarah dan mufakat. Cara ini juga bisa diterapkan bagi pengguna sepeda motor..Kita untung bangsa untung hehehe emangnya iklan olie!!
5.Jika terpaksa harus membeli kendaraan pribadi, belilah kendaraan terbaru atau kendaraan tahun tinggi. Karena biasanya kendaraan tahun tinggi sudah menggunakan teknologi canggih ramah lingkungan terkait penghematan BBM
6.Untuk yang di rumah: beralihlah dari kompor minyak ke kompor gas. Bukan promosi, tetapi pengeluaran anda akan lebih ngirit jika menggunakan kompor gas. Bagi yang masih menggunakan kayu bakar, mulailah menanami halaman rumah anda dengan tanaman berkayu cepat tumbuh dan penghasil kayu bakar. Atau mulai tinggalkan penggunaan kayu bakar dan beralih ke kompor gas!!
7.Silahkan tuliskan tips-tips menghemat BBM lainnya menurut versi anda...

Sukses menghemat BBM ya..

No comments:

Post a Comment